[advps-slideshow optset="1"]

Fasilitas

Pengelolaan, Pemanfaatan, dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Unversitas Siliwangi Tasikmalaya terdiri dari dua : pertama pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang sifatnya dikelola oleh Program Studi melalui Fakultas  dan kedua ada yang kelola secara khusus melalui Universitas.

Pengelolaan dan pemanfaatan oleh Program Studi  meliputi sarana dan prasarana yang khusus dimanfaatkan oleh program Studi tertentu, seperti laboratorium yang berkenaan dengan Program Studi Masyarakat dikelola dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat akan tetapi sarana dan prasarana yang tingkan kepentingan pemanfaatannya lebih menunjang keberbagai program studi yang ada di Universitas sistem pengelolaannya biasanya diatur sedemikan rupa oleh universitas sehingga efesiensi dan efektivitas dapat terlaksana, contohnya Laboratorium, ruang kuliah, sarana olahraga dan lain sebagainya.

Semua sarana dan prasarana yang ada di Universitas Siliwangi Tasikmalaya, merupakan milik dari Yayasan, hal ini dalam proses pemeliharaan dilakukan oleh universitas melalui tahapan birokrasi (usulan dari fakultas tertentu) dan yang menentukan universitas.

Ketersediaan dan Kualitas Gedung, Ruang Kuliah, Laboratorium, Perpustakaan, Dll

Ketersediaan dan kualitas gedung, ruang kuliah, Laboratorium, Perpustakaan pada dasarnya Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi Tasikmalaya memiliki sarana baik ruang kuliah, ruang laboratorium dan perpustakaan sangat memadai dengan kualitas yang sangat baik

No.

Jenis Prasarana

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Kantor

1

36 m2

 

2

Ruang Kelas

2

72 m2

 

3

Laboratorium

1

24 m2

 

4

Perpustakaan

1

24 m2

 
  Total

5

   

Sistem perpustakaan di Universitas Siliwangi ada yang terpusat, di Gedung Perpustakaan Pusat yaitu di Gedung (bantuan) Letjen TNI (Purn) Sukria Atmadja dan di Program Studi Kesehatan Masyarakat pun disediakan akan tetapi kelengkapannya kurang lengkap di banding dengan perpustakaan pusat.

 Fasilitas Komputer dan Pendukung Pembelajaran dan Penelitian

Sampai saat ini penggunaan fasilitas komputer untuk kegiatan perkulihan masih terbatas. Program Studi Kesehatan Masyarakat  Universitas Siliwangi memiliki fasilitas masih terbatas.  Namun demikian fasilitas komputer untuk  kegiatan pembelajaran dan penelitian telah disediakan di tingkat fakultas dan universitas. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perkulihan dan penelitian.

Setiap ruang kuliah dilengkapi dengan papan tulis biasa, papan tulis white board, meja dan kursi dosen, serta kursi mahasiswa. Sementara OHP dan Slide Proyektor disediakan di ruang sekretariat, namun dapat digunakan oleh setiap dosen pada setiap mata kuliah. Selain itu sarana proses akedemik sudah dilengkapi dengan jaringan  internet (web site) dengan kapasitas bandwith 512 kbps

No Comments